Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK SWASTA PAB 1 Helvetia Medan
Daftar Isi:
- Media pembelajaran video merupakan suatu cara untuk dapat membuat kegiatan pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development) dimana metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa media pembelajaran vidio berbasis Lectora Inspire dengan cara mengembangkan media pembelajaran video dan bagaimana media pembelajaran video pembelajaran pada mata pelajaran Teknik pemesinan bubut di SMK Swasta PAB 1 Helvetia. Kelayakan media pembelajaran video lectora menginspirasi berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan kriteria "sangat layak", hasil validasi ahli media pembelajaran dengan kriteria "sangat layak" dan hasil validasi ahli desain pembelajaran dengan kriteria "sangat layak". Untuk hasil kategori uji coba one to one “sangat layak”, hasil uji coba skala kecil dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil coba skala besar dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan hak yang diberikan oleh siswa, maka media pembelajaran video berbasis lectora inspire yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran video Teknik Pemesinan Bubut.