Pengaruh Media Monosuka (Monopoli Suhu dan Kalor) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 101765 Bandar Setia TA 2021//2022
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pesertadidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dari penggunaan media Monosuka (Monopoli Suhu dan Kalor) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101765 Bandar Setia kelas V semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang digunakan merupakan penelitin kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design menggunakan tipe The Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas konrtol yang berjumlah 45 orang peserta didik. Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar soal essay sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya dan dari perhitungan teshasil belajar ada 13 soal valid dan 7 soal tidak valid, namun dari 13 soal valid yang dipilih hanya 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar peserta didik dengan media Monosuka (Monopoli Suhu dan Kalor) adalah sebesar 73,391, sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 65,818. Hasil pengujian hipotesisi tersebut dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media monosuka suhu dan kalor terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1, dengan nilai signifikan yaitu 3,419 > 2,019. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media monosuka terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas V SDN 101765 Bandar Setia TA 2021/2022. Maka dari itu disarankan pada pendidik dan calon pendidik sesuai dengan kesimpulan diatas untuk memakai media monosuka (monopoli suhu dan kalor) dalam pembelajaran sebagai salah satu alat untuk memudahkan dalam penyampain materi pembelajaran, yang berguna untuk meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.