Pengembangan Media Pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 115479 Aek Tapa T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik mengajar guru yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang mengakibatkan siswa bosan dalam belajar karena kurangnya inovasi, kreativitas, dan strategi dalam menggunakan serta mengembangkan media pembelajaran. Guru juga cenderung menggunakan buku teks dan benda-benda sekita. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) pada Tema 7 Subtema 1 kelas IV SDN 115479 Aek Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model AADIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh pada pengembangan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) menunjukkan bahwa kelayakan melalui validasi ahli media memperoleh skor 95% yang termasuk kedalam kategori ”Sangat Layak”, hasil penilaian oleh Validator Ahli Materi tahap I diperoleh skor 74,6% dengan kategori ”Layak” dan harus direvisi sesuai saran kemudian penilaian Ahli Materi tahap II diperoleh skror 93% dengan kategori ”Sangat Layak”. Berkaitan dengan kepraktisan penggunaan media pembelajaran diperoleh skor 90% dengan kateogori ”Sangat Praktis”. Sedangkan keefektifan menunjukkan bahwa hasil uji coba pre-test yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang pada pre-test dengan persentase 47,36%. sedangkan pada post-test siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau sekitar 89,47%. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan media pembelajaran LUSI (Ludo Literasi) dengan kategori sangat layak, sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajran di SD khususnya pada pembelajaran tema 7 subtema 1 Kelas IV SDN 115479 Aek Tapa.