Peran Guru PPKn Dalam Membina Nasionalisme Siswa SMAN 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membina nasionalisme siswa SMAN 1 Sidikalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan mengacu pada teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan wawancara. Lokasi penelitian terletak di JL. Dr. F.L. Tobing tepatnya di SMAN 1 Sidikalang. Pada penelitian ini akan diberikan angket kepada 44 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik kuota sampling dari populasi sebanyak 432 siswa dan wawancara dilakukan kepada guru PPKn. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa dan wawancara langsung kepada dua orang guru PPKn di SMAN 1 Sidikalang mengenai pembinaan nasionalisme siswa menyatakan bahwa guru PPKn sudah menjalankan perannya dengan sangat baik dalam membina nasionalisme siswa pada kelas XI di SMAN 1 Sidikalang. Untuk itu sangat diharapkan Bapak dan Ibu guru di SMAN 1 Sidikalang terkhusus pada guru PPKn agar tetap mempertahankan profesionalismenya dalam menjalankan perannya sebagai tenaga pendidik. Orang tua agar lebih memperhatikan keberlangsungan pendidikan anak dan kegiatan anak baik dalam pembelajaran dan bagaimana pergaulan anak.