Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) enggunakan Wizer.Me Materi Tema 6 Subtema 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gell dengan 10 langkah, yaitu Potensi dan Masalah, Mengumpulkan Informasi, Desain Produk, ValidasidDesain, PerbaikannDesain, Uji CobaaProduk, RevisiiProduk, Uji CobaaPemakaian, RevisipProduk, dan PembuatannProduk Masal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 101884 Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket serta lembar soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menujukkan: (1) Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar 93,68%, serta ahli LKPD (media) mendapat kategori sangat layak sebesar 94,54%, (2) Uji Kepraktisan LKPD berbasis PBL oleh guru mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar 90,90%, (3) Uji keefektifan LKPD berbasis PBL menggunakan wizer.me mendapat kategori sangat layak menunjukkan terdapat hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis PBL dengan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 87,83 dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis PBL dengan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 63,48. Maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Wizer.Me Materi Tema 6 Subtema 1 kelas IV SD Negeri No. 101884 Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang layak digunakan untuk siswa saat proses pembelajaran.