Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Kelas 2 SDN 122387 Pematang Siantar T.A. 2021.2022 sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI, mengetahui hasil belajar siswa pada Kelas 2 SDN 122387 Pematang Siantar T.A. 2021.2022 sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI, mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 3 Kelas 2 SDN 122387 Pematang Siantar T.A. 2021.2022. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two group post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas II A sebagai kelas eksprimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyaratan meliputi uji homogenitas,uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis terlihat bahwa thitung sebesar 6,31 dan ttabel sebesar 2,39 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (6,31 > 2,39), maka hipotesis alternatif penelitian (Ha) diterima yang berarti bahwa Terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 3 Kelas 2 SDN 122387 Pematang Siantar T.A. 2021.2022. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran SAVI