Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Dasar Rias Siswa Kelas X Tata Kecantikan Smk Negeri 1 Beringin
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video tutorial dan menguji kelayakan produk yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian ini adalah pengembangan media video tutorial pada mata pelajaran dasar rias (korektif wajah) pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian dan soal tes. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial tata rias korektif wajah sangat layak dengan rata-rata persentase 86,06%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial tata rias korektif wajah sangat layak dengan rata-rata persentase penilaian 82,72%. Hasil penilaian pengguna menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial tata rias korektif wajah ini layak digunakan, dengan persentase 89,4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan hasil belajar, membantu siswa memahami materi, dan menarik perhatian siswa sehingga media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.