Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Imelda Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire pada materi pengurutan (massage) wajah sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pengurutan (massage) wajah serta memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Imelda Medan yang berlokasi di Jalan Bilal No. 52 Pulo Brayan Darat 1, Kecamatan Medan Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran lectore inspire serta subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru serta siswa kelas X tata kecantikan SMK Imelda Medan. Hasil penelitian membuktikan jika media pembelajaran interaktif Lectora Inspire materi pengurutan (massage) wajah layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai dari aspek meteri yang memperoleh skor 90,87% terkategori sangat layak. Sedangkan hasil penilaian pada aspek media memperoleh skor 97,27% terkategori sangat layak. Hasil angket siswa uji coba kelompok kecil terhadap media pembelajaran yang dikembangkan adalah 90,30% terkategori sangat baik. Hasil respon siswa uji coba kelompok sedang terhadap media pembelajaran yang dikembangkan adalah 86,25% terkategori baik dan hasil respon siswa uji coba kelompok besar terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 84,35% terkategori baik Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire materi pengurutan (massage) wajah yang dikembangkan oleh peneliti layak dan dapat diterima baik oleh siswa sebagai media pembelajaran di kelas.