Pengembangan Media Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi.oleh kurangnya kemampuan siswa.dalam mempelajari sejarah. Siswa kurang percaya diri.dalam menjawab pertanyaan.guru atau mengajukan pertanyaan guru yang kurang dipahaminya. Berdasarkan permasalahan tersebut, kami menemukan solusi dengan menggunakan media TTS sebagai panduan sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teka-teki silang dan mengetahui kesesuaian media pembelajaran teka-teki silang untuk pendidikan sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri2 Perbaungan dengan tema kedatangan Jepang di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg dan Gull. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIAI SMA Negeri 2 Perbaungan. Lima belas siswa dilakukan dalam eksperimen kelompok kecil dan 32 siswa dilakukan dalam kelompok besar. Metode pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari ahli materi, ahli media, respon siswa, dan penggunaan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan media TTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TTS dapat digunakan sebagai sumber belajar. Uji verifikasi oleh ahli materi menghasilkan 75% dan ahli media 77%. Studi kelompok kecil menyumbang 87,4% dan studi kelompok besar menyumbang 90,74%. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, pembelajaran dengan media TTS efektif 93,1%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa media TTS yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai konduktor sumber belajar sejarah di SMA Negeri 2 Perbaungan.