Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media quiet book pada materi membaca permulaan siswa kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-2 SD Swasta Al-hidayah Terpadu Medan sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi validasi ahli yang merupakan penilaian media quiet book pada materi membaca permulaan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi pendidikan yaitu guru kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan. Pada penilaian media quiet book pada materi membaca permulaan oleh ahli media mendapatkan skor 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media oleh praktisi pendidikan yaitu guru kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan mendapatkan skor 90% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil pretest nilai siswa diperoleh dengan rata-rata 61% dengan kategori keefektifan “Kurang Baik”, dan pada tahap posttest nilai siswa mengalami peningkatkan dengan rata-rata 88% dengan kategori keefektifan “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 27%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Media Quiet Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.