Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022, (2) Praktikalitas media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022 dan (3) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 72% dengan kriteria “Layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Layak”. Praktikalitas media diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dengan hasil persentase sebesar 97% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”, berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,2% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan penilaian observasi guru memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Efektivitas media pada pretest memperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 14,28% dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod perolehan rata-rata ketuntasan nilai posttest adalah sebesar 71,42% dan termasuk ke dalam kategori “Efektif”. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran sebesar 57,14%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran