Pengembangan Media Video Tutorial Membuat Tusuk DasarHias Pada Mata Pelajaran Pembuatan Hiasan Busana siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan

Main Author: Situmorang, Grafifi Apriafi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/48413/6/1.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG%20.COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/8/2.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/7/3.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/10/4.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/9/5.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/1/6.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/2/7.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/4/8.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/2/9.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/3/13.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/5/14.NIM.5153341007.GRAFIFI%20APRIAFI%20SITUMORANG.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/48413/
Daftar Isi:
  • Penelitiandidasarkanpadamasalahketerbatasanvariasimediapembelajaranpadakompetensimembuatmacam-macamtusukdasarhias.Penelitianinibertujuanuntuk1)Mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada kompetensi membuat macam-macamtusuk dasar hias siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 8 Medan ; 2) Mengetahui kelayakanmedia pembelajaran video tutorial membuat macam-macam tusuk dasar hias siswa kelas XI diSMKNegeri 8 Medan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) yang mengacu pada penelitian pengembangan R&D, yaitu: 1) tahap potensi danmasalah,2)mengumpulkaninformasi,3)desainproduk,4)validasidesain,5)perbaikandesain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) pembuatan produksi masal. Video tutorial divalidasikelayakannya kepada 3 ahli materi dan 3 ahli media setelah itu dilanjutkan dengan melakukan ujicoba kepada 30 orang siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 8 Medan. Analisis data dalampenelitian ini menggunakan analisis kuantitatif,Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI SMK Negeri 8 Medan sebanyak 30 siswa. Objek penelitian adalah mata pelajaran PembuatanHiasan Busana materi membuat tusuk dasar hias dalam bentuk media video tutorial. Instrumenpengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likertdalampenilaian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk mediapembelajaranvideotutorial padamata pelajaran Pembuatan Hiasan Busana siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Dinyatakanlayak dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) validasi oleh ahli materi menyatakan bahwa91,6%dengankategori“sangatbaik”karenamemenuhistandartkelayakanisi91,6%,danstandartkelayakanpenyajian91,6%.Validasiolehahlimediamenyatakanbahwa94,75%dengan katagori “sangat baik” dengan memenuhi standar kelayakan isi kualitas media 91,6% danstandart kelayakan penyajian visual media 97,9%. 2) Hasil uji coba pada siswa memperolehpersentase sebesar 90,0 % dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka videotutorialmembuatmaccam macam tuskdasarhiasyangtelahdirancangdinyatakanlayakdigunakansebagaimediapembelajaransiswakelasXITataBusanadiSMKNegeriXIMedan