Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran macromedia flash 8 pada pelajaran kosmetika siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Penelitian didesain dengan model penelitian research and development (R&D). Objek yang menjadi penelitian ini adalah mata pelajaran Kosmetika yang dikembangkan dengan menggunakan media macromedia flash 8. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan dan subjek uni coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang, uji coba kelompok sedang dengan jumlah responden 15 orang, dan uji coba kelompok besar dengan jumlah responden 30 orang. Tahapan awal penelitian ini adalah menganalisis masalah yang terdapat disekolah. Pada tahapan analisis masalah, peneliti memberikan angket respon kebutuhan guru dan angket respon kebutuhan siswa. Tahap kedua adalah mengumpulkan data baik dari guru maupun pihak sekolah. Tahap ketiga adalah melakukan desain produk. Tahap keempat adalah memvalidasikan produk kepada ahli materi dan ahli media dan tahap kelima adalah media yang sudah direvisi oleh ahli media di uji coba kepada siswa serta siswa memberikan penilaian terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa hasil presentase skor dari ahli materi 92,50% dengan kriteria “sangat baik” dan ahli media sebesar 95,10% dengan kategori “sangat baik”. Hasil skor siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil presentase skor sebesar 89% dengan kriteria ”sangat baik”. Uji coba kelompok sedang skor yang diperoleh 90% dengan kategori “sangat baik” dan uji coba kelompok besar memperoleh presentase skor 93% dengan kriteria ”sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran menggunakan Macromedia flash 8 pada materi kosmetika yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan.