Daftar Isi:
  • Jalan pertahanan patumbak merupakan jalan akses menuju lokasi pabrik atau industri, oleh karena itu ruas jalan ini banyak dilewati berbagai jenis kendaraan. Dengan adanya pabrik-pabrik tersebut menimbulkan adanya kemacetan lalu-lintas diruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk berapa banyak volume lalu-lintas yang melintas diruas jalan tersebut dan untuk mengalisis kinerja ruas jalan tersebut pada saat jam macet. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 hari yakni untuk survei volume lalu-lintas dan survei hambatan samping. Survey penelitian yaitu menghitung volume lalu-lintas yang dilakukan tiap interval 15 menit dan hambatan samping dilakukan dengan interval 15 menit. Hasil masing-masing penelitian dipilih yang tertinggi dan dianalisis menggunkan MKJI 1997, untuk mengetahui kinerja jalan yaitu melalui perhitungan kapasitas dan derajat kejenuhan. Volume lalu-lintas pada ruas jalan pertahanan patumbak tertinggi didapat dengan total 1278,4 smp/jam pada arah utara dengan derajat kejenuhan 0,533 dengan tingkat pelayanan adalah C. Hal ini menunjukkan arus stabil dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Volume lalu, volume lalu-lintas tertinggi yang didapat pada arah selatan adalah sebesar 1043,05 smp/jam dengan derajat kejenuhan 0,435 dengan tingkat pelayanan adalah B hal ini menunjukkan arus stabil dan kecepatan terbatas