Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media JobSheet materi teknik pemesinan bubut dan keefektifan materi pembelajaran media JobSheet teknik pemesinan bubut pada siswa kelas XI mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut SMK Multi Karya Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Four-D Models yang terdiri dari empat tahap pengembangan tahap Pendefinisian (define), tahap perancanaan (design), tahap pengembangan (develop), penyebaran (dissminate). Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut, dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi ahli materi 82,22% dengan kategori sangat baik, (2) penilaian dari validasi ahli media mencapai 84,44% dengan kategori sangat baik, (3) penilaian dari validasi ahli desain mencapai 91,11% dengan kategori sangat baik, (4) Hasil penilaian siswa melalui angket pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata-rata skor sebesar 81,30% dengan kategori sangat baik, dan uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 81,02% dengan kategori sangat baik, dan (5) Terdapat perbedaan antara hasil praktek dengan rata-rata setiap siswa meningkat 13,19%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media job sheet yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas XI TPM di SMK Multi Karya Medan