PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN SISTEM OPERASI KOMPUTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGABINANGA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan pada media pembelajaran TIK Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Sistem Operasi Komputer Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga pada semester genap 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas, dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Untuk mengumpulkan data menggunakan isntrumen penelitian yaitu angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan siswa yang tujuannya untuk menguji kualitas media pembelajaran tersebut serta menguji keefektivan terhadap hasil belajar pesertadidik. Proses pengumpulan data menggunkan Uji Normalitas Gain adalah sebuah uji yang bisa memberikan gambaran umum peningkatan skor hasil pembelajaran antara sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) diterapkannya suatu perlakuan. Skor maksimum ideal Gain yang dinormalisasi N gain ini diinterpretasikan untuk menyatakan peningkatan hasil belajar siswa menggunakap aplikasi AR sebagai berikut: Tingkat N gain Batasan Kategori g > 0,7 Tinggi 0,3 ≤ g ≤ 0,7 Sedang, g < 0,3 Rendah. Hasil penelitian menunjukkan: (1).Untuk uji kelayakan aplikasi AR perolehan keseluruhan oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 4,54 dan dapat dinyatakan “Sangat Layak” pada ahli media dengan hasil perolehan penilaian secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 3,82 dan dapat dinyatakan “Layak” dan perolehan penilaian oleh pengguna atau siswa diperoleh sebesar 4,71 dan dapat dikategorikan “Sangat Layak”. (2).Untuk uji keefektifan pada hasilbelajar peserta didik menggunalan aplikasi AR mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 93,12 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang konvensional dengan nilai rata-rata 65,62. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sudah menggunakan media pembelajaran AR. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran AR saat efektif digunakan.