Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan stres akademik pada pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 88 orang siswa yang stres. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Validitas serta reliabitas instrumen diperoleh dengan product moment correlation. Uji hipotesis menggunakan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS for windows. Hasil analisis menunjukkan r = 0.661 dan Rsquare = 0,437 serta nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini dikemukakan hipotesis penelitian: “Terdapat hubungan penyesuaian diri dengan stres akademik”. Mengingat hubungan ini negatif sebesar -.661 maka dapat dikemukakan penyesuian diri berhubungan dengan stres akademik pada pembelajaran tatap muka terbatas siswa SMA N 1 Lubuk Pakam diterima. Disarankan pada pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara bersamaan dengan peningkatan penyesuaian diri siswa sehingga stres akademik siswa dapat dikendalikan