Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis “Augmented Reality” Di SMK Negeri 14 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak waterfall yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengkodean dan uji coba sistem, dan (4) pengintegrasian sistem dan uji validasi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 14 Medan. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Selain itu dilakukan pengujian respon pada pengguna yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta untuk menguji efektifitas media dilakukan pre-test dan post-test dan hasilnya akan dihitung dengan menggunakan rumus N-gain. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi Android media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality yang terdiri dari tujuh komponen utama, yaitu 3D AR, AR Video, KI/KD, materi pembelajaran, quis berbentuk soal pilihan berganda, petunjuk, dan informasi pengembang; (2) Hasil pengujian black box testing menunjukkan semua fungsi pada aplikasi media pembelajaran AR perakitan komputer berfungsi tanpa adanya error, dan hasil uji kelayakan oleh 2 ahli media mendapatkan skor 4.21, ahli materi 4.62 dan hasil responded pengguna 4.60 ; (3) berdasarkan hasil uji pre-test dan post-test dari 32 siswa didapatkan skor N-gain 84,14 masuk dalam kategori “Efektif”.