Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pemograman Dasar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz, media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point dan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz akan lebih tinggi dibandingkan dengan media berbasis Microsoft Power Point. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X RPL program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 9 Medan pada Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan dengan sempel kelas sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post – Test, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok Post – Test. Berdasarkan kelayakan modul pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai 4,8 (Sangat Layak) dari ahli media dan nilai 4,7 (Sangat Layak) dari ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar pemograman dasar kelas X RPL pada post – test yaitu 82,81 lebih tinggi dibandingkan dengan pre – test yaitu 53,28. Hasil uji – t juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,480 > 1,670. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signitifikan bahwa hasil belajar pemograman dasar post – test dan pre – test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pemograman dasar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Microsoft power point