Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powToon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Budi Satrya Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Random sampling sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan media media pembelajaran video animasi powToon, sementara pada kelas kontrol diajarkan dengan media powerpoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia materi sistem periodik unsur. Teknik analisis data dengan statistik manual dan program SPSS versi 22. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu Independent-Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powToon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur, dengan perolehan nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 87,4 sementara kelas kontrol memperoleh nilai post-test sebesar 78,3.