Daftar Isi:
  • Pengembangan media pembelajaran interaktif teknik animasi ini tujuannya untuk mengetahui tentang layak dan efektif pada media pembelajaran yang akan digunakan siswa kelas XI SMKN 10 Medan, dimana mata pelajaran animasi 2D dan 3D ini berbasis macromedia flash 8. Peneliti menggunakan metode CBI (Computer Based Learning). Dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen penenlitian yaitu angket/kuesioner yang diberikan oleh ahli materi, media, desain, dan juga pengguna (user) bertujuannya itu adalah menguji bagaimana kualitas dalam media pembelajaran serta menguji keefektivan terhadap hasil belajar pada peserta didik. Jenis data yang digunakan yaitu kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif untuk itu akan di analisis dengan kriteria pengujian dalam penelitian yang menentukan kualitas produk tersebut. Untuk itu hasil dari pengembangan media pembelajaran interaktif teknik animasi ini berdasarkan uji kelayakan media pembelajaran teknik animasi tweening 2D dikategorikan sangat valid untuk dijadikan media pembelajaran karena memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 87%, hasil yang diperoleh ahli media sebesar 93%, untuk kategori valid dari ahli desain sebesar 80%, dan hasil yang diperoleh dari pengguna 64%. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan dalam media pembelajaran teknik animasi tweening 2D yang berbasis macromedia flash 8 ini pada siswa kelas XI di SMKN 10 Medan dikatakan efektif sebagai media pembelajaran tersebut.