Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X SMK Sinar Husni T.P. 2020/2021
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh analisis persepsi siswa dan motivasi belajar pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar listrik elektronika. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik analisis data analisis path. Pelaksanakan penelitian pengambilan data dilakukan di SMK Sinar Husni beralamat di Jl. Veteran Helvetia Pasar 5 Deli Serdang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan November 2021. Instrument yang digunakan adalah angket dan tes soal. Hasil uji linearitas dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh linearitas antara Persepsi Siswa (X1) terhadap Hasil Belajar (X3dan terdapat pengaruh linearitas antara Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (X3). Hasil uji normalitas yaitu untuk X1 terhadap X3 bahwa data memiliki distibusi normal. Untuk X2 terhadap X3 bahwa data memiliki distibusi normal. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) bahwa terdapat pengaruh langsung persepsi siswa terhadap motivasi siswa. 2) bahwa terdapat pengaruh langsung persepsi siswa terhadap hasil belajar. 3) bahwa terdapat pengaruh langsung motivasi siswa terhadap hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah guru lebih mmeperhatikan kebutuhan belajar daring dan konteks belajar daring agar motivasi siswa terhadap belajar meningkat dan siswa tidak berpersepsi belajar itu sulit untuk dilaksanakan.