Daftar Isi:
  • Dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa, selama keberhasilan peserta didikdapat ditunjukan dengan prestasi belajar peserta didik disekolah. Dengan pembelajaran yang baik, peserta didik akan mencapai hasil atau prestasi belajar yang optimal. Untuk mencapai tujuan dari pendidikan adalah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam mencapai tujuan pendidikan memerlukan sebuah motivasi atau dorongan untuk menjadi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yang menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian yang berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel yang muncul secara alami. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS v. 17 for windows. Dengan jumlah sampel sebanyak 58 peserta didik dan pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan teknik random sampling. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mempunyai hubungan yang kuat dan berarah positif dengan prestasi belajar peserta didik, diketahui nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,379 > 0,266) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang berarti kurang dari 0,05 (0,002 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi siswa SMK N 5 Medan kelas X TITL.