Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas XI Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Animate mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Animate pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (Pengembangan) model ADDIE, dengan tahapan Analyisis (analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket penilaian validasi, yang terdiri dari validasi ahli media, validasi ahli materi. Tujuan dari validasi ini adalah untuk menetapkan dan menguji kelayakan dari media yang dikembangkan. Selain itu, modul juga dinilai oleh pengguna (siswa). Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi dosen diperoleh skor 94,11% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi SMK diperoleh skor 87,05% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli media diperoleh skor 90.00% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu penilaian dalam uji coba skala kecil pada siswa kelas XI DPIB diperoleh skor 95,00% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran dengan berbasis Adobe Animate yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.