Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 3 Nainggolan T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas pembelajaran siswa pada Tema 7 subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku sebelum, dengan dan sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching di kelas IV SDN 3 Nainggolan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran siswa pada Tema 7 subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku sebelum menggunakan model Reciprocal Teaching di kelas IV SDN 3 Nainggolan, mengetahui aktivitas pembelajaran siswa pada Tema 7 subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan menggunakan model Reciprocal Teaching di kelas IV SDN 3 Nainggolan, mengetahui aktivitas pembelajaran siswa pada Tema 7 subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching di kelas IV SDN 3 Nainggolan.. Manfaat penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa tema 7 subtema 2 dan penelitian bermanfaat sebagai masukan guru menggunakan model reciprocal. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2022 s/d April 2022. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain two group post test design. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan pada kelas kontrol 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) Dari hasil perhitungan data belajar dengan model pembelajara reciprocal teaching diperoleh thitung = 6,59 Dari daftar ditribusi t dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk n-1 (20-1) = 19 diperoleh harga ttabel = 2,17. Sehingga diperoleh t hitung > t table, dengan demikian hipotesis menyatakan “Terdapat Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal teaching Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 3 Nainggolan T.A 2021/2022”. 2) Dari hasil belajar yang diperoleh ditemukan bahwa 1 orang tidak tuntas sesuai nilai KKM, sisanya 19 orang tuntas artinya 95% siswa kelas IV di SDN 3 Nainggolan sudah tuntas melebihi 80% dan pembelajaran ini dikatakan efektif menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Dengan demikian maka hipotesis yang berbunyi “Penerapan pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching efektif untuk diterapkan pada siswa kelas IV SDN 3 Nainggolan”. Hipotesis dalam pembelajaran yang akan diuji adalah: Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan mencapai kriteria sebanyak 80%” diterima.