Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 2 Medan diketahui bahwa pembelajaran di dalam kelas masih terbatas pada media ceramah dan papan tulis, sehingga peserta didik masih sulit memahami materi yang diajarkan. Masih banyak siswa yang belum mengerti bagaimana menggambar yang baik dan benar sesuai dengan aturan dan prosedur kerja. Dengan mengetahui permasalahan perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran jobsheet pada mata pelajaran gambar teknik dengan kompetensi dasar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktorial. Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Four-D yang terdiri dari empat tahapan yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (dissaminate). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Sasaran angket validasi media pembelajaran ini ditujukan pada ahli materi, ahli media, dan siswa. Berdasarkan hasil validasi produk yang dilakukan media pembelajaran jobsheet untuk kelas X DPIB SMKN2 Medan dinyatakan “sangat layakˮ digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi ahli media sebesar 86,66 %, validasi ahli materi 1 sebesar 97,14 %, validasi ahli materi 2 sebesar 95,23% dan penilaian rata rata siswa sebesar 86,96% menunjukkan kriteria yang sangat layak