Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan flipbook pada kompetensi membuat sulaman fantasi siswa kelas XI tata busana di SMK Negeri 10 Medan dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan flipbook pada kompetensi membuat sulaman fantasi siswa kelas XI tata busana di SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada penelitian pengembangan Dick and Carey yang mempunyai 10 tahap yang terdiri dari 1) mengidentifikasi tujuan instruksional, 2) melakukan analisis instruksional, 3) menganalisis karakteristik mahasiswa dan konteks, 4) merumuskan tujuan instruksional khusus, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi instruksional, 7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional yang sesuai, 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, 9) melakukan revisi pembelajaran, dan 10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini terdiri 3 orang ahli materi dan 3 orang ahli media yangsudah ahli dibidangnay serta 34 orang siswa kelas XI tata busana SMK Negeri 10 Medan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa flipbook pada kompetensi membuat sulaman fantasi dengan hasil uji validitas oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 100% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji validitas oleh ahli media mendapatkan nilai persentase rata-rata 92,5% dengan kategori “sangat baik. Hasil uji kelayakan pada ujicoba kelompok kecil memperoleh nilai persentase rata-rata 92% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai persentase rata-rata 93% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian kelayakan media flipbook membuat sulaman fantasi termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pembuatan Hiasan Busana di SMK Negeri 10 Medan