Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Praktek Lipatan Serbet Mata Pelajaran Tata Hidang Di SMK Telkom 2 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Hasil praktek siswa dalam membuat lipatan serbet menggunakan media video tutorial pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan (2) Hasil praktek siswa dalam membuat lipatan serbet menggunakan media gambar pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan (3) Pengaruh hasil praktek lipatan serbet menggunakan media video tutorial pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November – Desember 2021. Penelitian menggunakan motode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga dengan jumlah 50 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu dengan cara diundi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control. Data hasil praktek lipatan serbet dikumpulkan dengan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil praktek dengan menggunakan media video tutorial termasuk kategori tinggi dengan persentase 96,00% dan hasil praktek menggunakan media gambar termasuk kategori cukup 68,00%. Hasil analisis chi-kuadrat menunjukkan media video tutorial pada hasil praktek lipatan serbet lebih tinggi secara signifikan dibandingkan media gambar dengan nilai thitung>ttabel yaitu (38,1>1,68). Pada taraf signifikan 5%. Artinya hasil praktek siswa dengan menggunakan media video tutorial lebih tinggi daripada menggunakan media gambar