Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil praktek siswa pada penataan meja Elaborate Cover yang menggunakan media video tutorial; 2) Hasil praktek siswa pada penataan meja Elaborate Cover yang menggunakan media power point; 3) Pengaruh media video tutorial terhadap hasil praktek siswa pada penataan meja Elaborate Cover. Lokasi Penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian Oktober – Desember 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI Jasa Boga, dengan jumlah 58 siswa. Teknik Pengambilan sampel secara total sampling sehingga jumlah sampel 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamat hasil praktek. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan ujit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek siswa yang menggunakan Media Video Tutorial pada Penataan Meja Elaborate Cover berdasarkan tingkat kecenderungan termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 86,66 persen, dan hasil praktek siswa yang menggunakan Media Power Point pada penataan meja Elaborate Cover berdasarkan tingkat kecenderungan termasuk kategori cenderung cukup sebesar 92,85 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. Pada kelas yang menggunakan Media Video Tutorial dengan nilai (Xhitung < Xtabel) yaitu (8,85 < 11,07) dan kelas yang menggunakan Media Power Point dengan nilai (7,7 < 11,07). Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,39 < 1,88), dengan taraf signifikan 0,05 berarti kedua data homogen. Berdasarkan hasil uji t terdapat hasil praktek yang positif dan signifikan pada penggunaan media video tutorial terhadap hasil praktek penataan meja Elaborate Cover dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu (31,09 > 1,701) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya penggunaan media video tutorial berpengaruh terhadap hasil praktek siswa penataan meja Elaborate Cover