Daftar Isi:
  • Dalam menghias busana dengan teknik sulaman aplikasi, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi, diantaranya beberapa siswa masih kurang mampu dalam menyesuaikan tata letak motif, pengunaan dan penyatuan warna benang dan motif sulaman, menentukan tusuk hias yang digunakan, panjang batang bunga, panjang sari bunga, kerapian, kebersihan dan penyelesaian akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecendrungan kemampuan menghias busana dalam membuat sulaman aplikasi pada sarung bantal kursi siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasidalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai dengan jumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak yang dipilih secara random, dimana sampel yang dipilih merupakan siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan yang diamati oleh 5 orang pengamat dengan kisi-kisi penilaian yang terdiri dari 9 indikator. Hal ini dapat dilihat dari 9 indikator penilaian berupa menentukan ukuran panjang dan lebar sarung bantal, menyesuaikan tata letak motif, pengunaan dan penyatuan warna benang dan motif sulaman, menentukan tusuk hias yang digunakan, panjang batang bunga, panjang sari bunga, kerapian, kebersihan dan penyelesaian akhir. Jika dilihat dari 9 aspek penilaian, kemampuan tertinggi terdapat pada indikator letak motif dengan nilai rata-rata (19,7).