Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 050591 Padang Cermin T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 050591 Padang Cermin T.A 2021/2022. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 050591 Padang Cermin yang berjumlah 45 orang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV-A dengan jumlah siswa 23 siswa dan kelas IV-B dengan jumlah siswa 22 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A berjumlah 23 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi tindakan pada kelas eksperimen yaitu 80,4, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 71,4. Pada uji normalitas diketahui bahwa data hasil pretest dan postest kelas eksperimen dan kelaskontrol berdistribusi normal dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen pretest Lhitung = 0,147 < Ltabel = 0,186 dan pada hasil posttest kelas eksperimen Lhitung = 0,098 < Ltabel = 0,186. Sedangkan pada kelas kontrol pretest Lhitung 0,134 < Ltabel = 0,186 sedangkan posttest pada kelas kontrol yaitu Lhitung 0,153 < Ltabel = 0,186. Hasil uji homogenitas data penelitian, diketahui bahwa data penelitian berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai uji homogenitas pretest Fhitung < Ftabel yakni 1,317 < 2,073dan uji homogenitas pada posttest Fhitung < Ftabel yakni 1,035 < 2,073 dengan taraf signifikan α = 0,05. Data analisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-T dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = (3,436 > 2,017) maka dapat diberi kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Galley Walk terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 050591 Padang Cermin T.A 2021/2022