Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN 104202 Bandar Setia sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Sampel dari penelitan ini adalah kelas VA dan VB atau sebanyak 72 orang siswa. Teknik sampel penelitian ini diambil dari sejumlah keseluruhan populasi karena semua siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitasnya, tingkat kesukaran serta uji daya beda soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dengan menggunakan uji Independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran ke-1 dengan menggunakan model CLIS di kelas V SDN 104202 Bandar Setia. Berdasarkan analisis uji perbandingan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen diperoleh 52,3 sementara perolehan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 77,50. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh dari uji Independent sample t test yaitu 0,046, dapat dikatakan bahwa 0,046 < sig,0,05 atau diperoleh niali thitung > ttabel yaitu 2,028 > 1,994 pada tarat signifikan 5% dan α = 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat Pengaruh Model CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A.2021/2022.