PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMOKIMIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berdasarkan kriteria BSNP dan mengetahui respon/tanggapan siswa terhadap LKS yang dirancang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut tahapan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah LKS berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing. Objek penelitian adalah materi termokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang telah disusun sudah memenuhi kriteria kelayakan sesuai standar BSNP berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan bahasa diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,55% dengan kriteria valid/layak serta berdasarkan aspek kelayakan kegrafikan diperoleh rata-rata persentase sebesar 87,41% dengan kriteria valid/layak. Sedangkan untuk hasil respon/tanggapan siswa terhadap LKS yang dirancang adalah sangat tinggi dengan diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,60%.