engembangan Media Pembelajaran Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Cake dan Kue Indonesia Kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook maker pada mata pelajaran cake dan kue Indonesia kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan. Lokasi penelitian dilakukan di kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan.Waktu penelitian pada bulan oktober semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan langkah model pengembangan ADDIE yang telah dibatasi yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli materi, 1 orang ahli media. Instrumen pengumpulan data yaitu angket untuk menjaring data kualitas materi dan kualitas media. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dilihat dari hasil analisis kebutuhan guru 100 persen media flipbook maker dibutuhkan oleh guru dan 90 persen dari 15 siswa membutuhkan media flipbook maker. Media pembelajaran flipbook maker pada mata pelajaran cake dan kue Indonesia menurut ahli materi kategori sangat baik dengan rataan sebesar 95,5 persen dan menurut ahli media termasuk kategori sangat baik dengan rataan sebesar 95 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook maker pada mata pelajaran cake dan kue Indonesia yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Telkom 2 Medan.