Hubungan Keaktifan Belajar dan Penggunaan Sumber Belajar Media Online dengan Hasil Belajar Tata Hidang Di SMK Negeri 3 Pematang Siantar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Keaktifan Belajar Siswa; (2) Penggunaan Sumber Belajar Siswa pada Media Online; (3) Hasil Belajar Siswa pada Tata Hidang; (4) Hubungan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang; (5) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Siswa pada Media Online dengan Hasil Belajar Tata Hidang; (6) Hubungan Keaktifan Belajar dan Penggunaan Sumber Belajar Media Online dengan Hasil Belajar Tata Hidang. Tempatpenelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Waktu penelitian bulan Januari-Maret 2021. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes melalui google form. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan, uji persyaratan analisis yaitu: uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Keaktifan Belajar Siswa, Penggunaan Sumber Belajar Siswa pada Media Onlinedan Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup masing-masing sebesar 54,28 persen, 51,42 persen, dan 97,14 persen. Hasil perhitungan Korelasi Parsial antara Keaktifan Belajar dangan Hasil Belajar Tata Hidang terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai ryx1x2 = 0,415 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung> ttabel (2,881> 1,692) pada taraf signifikansi 5 persen, artinya semakin tinggi Keaktifan Belajar siswa maka semakin tinggi Hasil Belajar Tata Hidang. Hasil perhitungan Korelasi Parsial antara Penggunaan Sumber Belajar Siswa pada Media Online dengan hasil belajar Tata Hidang dengan nilai ryx2x1 = 0,406 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung> ttabel (2,789> 1,692) pada taraf signifikansi 5 persen, artinya semakin tinggi Penggunaan Sumber Belajar siswa pada Media Online maka semakin tinggi Hasil Belajar Tata Hidang. Hasil perhitungan Korelasi ganda antara Keaktifan Belajar dan Penggunaan Sumber Belajar siswa pada Media Online dengan hasil belajar Tata Hidang dengan nilai Ryx1x2 = 0,850 dan nilai koefisien korelasi ganda thitung> ttabel (4,512> 1,692) pada taraf signifikansi 5 persen, artinya semakin tinggi Keaktifan Belajar siswa dan Penggunaan Sumber Belajar siswa pada Media Online maka semakin tinggi Hasil Belajar Tata Hidang.