Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Boga Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media audio visual pada mata peajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain penelitian yan digunakan adalah quisi eksperimen. Lokasi penelitian SMK Negeri 1 Beringin. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Teknik pengambilan sample secara total sampling sehingga jumlah sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 96,67 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategoi cenderung kurang sebesar 76,67 persen. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada media audio visual terhadap hasil belajar Boga Dasar dengan nilai (thitung>ttabel) (16,985 > 1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar.