Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat Saentis
Daftar Isi:
- Ketepatan pemilihan dan penggunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi terciptanya proses pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi. Pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik contohnya untuk menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif dan memicu peningkatan berpikir kritis siswa, model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan adalah model pembejaran Discovery Learning karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control grup design untuk melihat perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random atau acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian didapatkan melalui beberapa uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji liliefors dan didapatkan bahwa semua data berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji F dan didapatkan bahwa sampel berasal dari populasi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan didapatkan hasil bahwa nilai Sig. 2-tailed = 0,025, sehingga 0,025< 0,05. Sesuai dengan kriteria uji jika nilai Sig. 2- tailed < Taraf Signifikansi (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat.