GAMBARAN RESILIENSI SISWA DALAM MENGHADAPI KECEMASAN AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan keadaan resiliensi siswa ketika menghadapi kecemasan akademik selama pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang merupakan suatu penelitian yang mana dilakukan dengan tujuan menggambarkan adanya suatu fenomena, dalam penelitian ini tidak bermaksud untuk menguji hipotesis akan tetapi hanya untuk menggambarkan apa yang terjadi pada suatu variabel tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang siswa dari kelas X IPA. Skala yang diberikan berisi 43 item yang berkaitan dengan Resiliensi dan Kecemasan Akademik. Hasil validasi instrumen penelitian menggunakan teknik analisa product moment correlation. Pada perhitungan diketahui jika N=51 maka rtable= 0,279. Sesuai dengan ketentuan perhitungan dapat dikatakan bahwa rhitung > r table maka item dinyatakan valid dan jika rhitung < rtable maka item dinyatakan tidak valid. Dari hasil uji reliabilitas nilai chronbach Alpha sebesar (0,710). Nilai tersebut lebih besar dari nilai rtable dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau koefisien α > 0,60 maka item dinyatakan reliable. hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat siswa yang memiliki resiliensi rendah ketika menghadapi kecemasan akademik selama pembelajaran tatap muka terbatas. Kemudian gender atau jenis kelamin dapat mempengaruhi tingkat resiliensi seseorang. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa laki-laki lebih resilien dari pada siswa perempuan.pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Ajaran 2021/2022