Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Berbasis Android di SMK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis untuk siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas X. Serta dapat mengetahui hasil belajar siswa melalui uji efektifitasnya. Adapun model penelitian yang digunakan adalah model waterfall Prosedur pembuatan media ini meliputi: (1) Requirements Defitition (2) System and Software Design (3) Implementation and Unit Testing (4) Integration and System Testing (5) Operation and Maintenance. Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrument yang diadaptasi dari Sriadhi: 2018, yang terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil kelayakan media berbasis android sebagai berikut: penilaian ahli media memperoleh nilai 4,66 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh nilai 4,74 dengan kategori sangat layak, validasi dari praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan. (2) Hasil uji efektifitas pada penggunaan media pembelajaran berbasis android lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android yang dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil rata-rata posttest, thitung > ttabel 6.618 > 1.688. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol.