Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode Computer-Based Instruction (CBI) pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas materi Wide Area Network (WAN) yang dirancang. Penelitian ini diselenggarakan di SMK Negeri 14 Medan, khususnya pada kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jumlah subjek pengguna terdiri atas 34 siswa, di mana kegiatan penelitian dilakukan ketika pelajaran produktif berlangsung. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan dan uji efektivitas. Uji kelayakan diperoleh dari penilaian angket yang disebarkan ke dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan pengguna (siswa). Sedangkan uji efektivitas diambil dengan melakukan perbandingan nilai antara hasil belajar siswa dalam kegiatan pre-test dan post-test untuk melihat apakah hasil belajar mengalami peningkatan sesudah media disebarkan dan dikenalkan kepada siswa. Dari Hasil temuan dan Kesimpulan didapatkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) dengan metode Computer-Based Instruction (CBI) yang dirancang memiliki tingkat Kelayakan “Sangat Layak” di dalam domain konten materi dan domain media dengan skor penilaian 4.6. Dan mendapatkan nilai “Tingkat Akseptansi Tinggi” dengan skor penilaian 4.86 pada domain tingkat akseptansi atau domain pengguna. Media ini memiliki tingkat efektivitas dengan persentase sebanyak 79,41% pada kategori “Tinggi” dengan memiliki n-gain rata-rata sebesar 0.80. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran ini sudah terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi WAN Mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Khususnya di kelas XI TKJ SMKN 14 Medan