Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan modul mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung semester genap serta kelayakan desain pembelajaran yang layak untuk kelas XI Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four–D), tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan uji coba kelompok kecil. Berdasakan hasil penelitian bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan berupa modul pembelajaran. Penilaian dari ahli media memperoleh nilai 3,94 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Penilaian dari ahli materi 1 memperoleh nilai 4.16 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert dan ahli materi 2 memperoleh nilai 4.25 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” menurut penilaian skala likert. Dan ahli bahasa memperoleh nilai 4.1 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Hasil dari ujicoba kelompok kecil yang dilakukan siswa didapatkan persentase 90% dikategorikan “sangat layak” menurut konfersi skor pada skala lima dalam penilaian pengguna. Menggunakan google formulir dilakukan dengan pengguna skla kecil dengan jumlah 10 siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Medan.