Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran modul Konstruksi Batu Betonpada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, (2) Mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media modul melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul Konstruksi Batu Beton sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan teknik Pengukuran tanah mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang terdiri dari 5 materi pelajaran. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat skor 82,16% dengan kategori baik, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat skor 84,86% dengan kategori sangat baik, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapat skor 90,% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan angket pengguna yang di isi 15 siswa, memperoleh tingkat kelayakan 87,20% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Konstruksi Batu Beton layak digunakan siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.