Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Sketchup Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis video menggunakan SketchUp pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video menggunakan SketchUp pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi ), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian yang bertujuan untuk menguij kelayakan media pembelajaran melalui validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Penilaian media pembelajaran juga dilakukan oleh siswa. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi dosen diperoleh skor 94,29% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi SMK diperoleh skor 96,25% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa peroleh skor 86,00% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil pengujian oleh ahli media diperoleh skor 78,75% dengan kategori “Layak”. Selain itu penilaian dalam uji coba skala kecil pada siswa kelas XI DPIB diperoleh skor 86,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa alat media pembelajaran berbasis video menggunakan Sketch/up yang dikembangkan layak untuk digunakan.