Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah unuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran modul AutoCAD pada mata peajaran Gambar Teknik siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Stabat 2020/2021, (2) Mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas modul pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat dengan responden penelitian siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reaserch and Deveploment). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain intruktional ADDIE yang terdiri atas : (1) Analysis, (2) design, (3) development, (4) Imlemention,dan (5) Evalution. Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media modul melalui validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran modul AutoCAD pada mata pelajaran Gambar Teknik mengacu pada kurikulum SKKNI yang terdiri dari 4 Bab materi pelajaran. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat skor 77,57 % dengan kriteria baik, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat skor 72,97% dengan kriteria baik, dan hasil pengujian kelayakan ahli bahasa mendapatkan skor 94% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan angket praktikalitas yang diisi 15 siswa dan guru, memperoleh tingkat kelayakan 90,78 %, dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran modul AutoCAD pada mata pelajaran Gambar Teknik layak digunakan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Stabat.