Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa waktu yang lalu dikarenakan adanya wabah COVID-19 yang melanda dunia diakhir tahun 2019 hingga saat ini diawal tahun 2022, pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa di liburkan beberapa waktu namun siswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa tahun ini para guru harus lebih kreatif dan interaktif untuk menyampaikan pembelajaran. Salah satunya di SMP Se-Kecamatan Stabat yaitu SMP Negeri 1 Stabat, SMP Negeri 5 Stabat, dan SMP Swasta Hangtuah Stabat yang dimana proses belajar siswa tetap dilaksanakan melalui aplikasi google form dan Whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran penjas di SMP Se-Kecamatan Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang jumlah sampelnya sebanyak 90 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyajikan data menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat efektivitas pembelajaran penjas di SMP se-kecamatan Stabat tahun ajaran 2021/2022 pada masa pandemi covid- 19 adalah pada tingkat “rendah”. Dengan kategori “Sangat Tinggi” sebanyak 14% dari keseluruhan responden, kategori “Tinggi” sebanyak 17% responden, kategori “Sedang” sebanyak 21% responden, kategori “Rendah” sebanyak 47% responden, dan kategori “Sangat Rendah” sebanyak 1% dari total keseluruhan responden. Hasil tersebut menunjukkan tingkat efektifitas pembelajaran penjas di SMP se-kecamatan Stabat terlaksana dengan “kurang”. Diharapkan Guru dapat meningkatkan kualitas dalam melaksanakan pembelajaran penjas agar dapat meningkatkan kemampuan siswa di SMP Se-Kecamatan Stabat.