Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan memperluas dan mencari solusi untuk membantu orangtua di era pandemik Covid-19. Pembelajaran online merupakan salah satu kebijakan yang terpaksa diambil oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk memutuskan Rantai penyebaran Covid-19 di masyarakatk hususnya di lingkungan sekolah. Kebijakan ini menerapkan jarak sosial dipembelajaran antara guru dan siswa,yang awalnya merupakan bagian dari metode pembelajaran besar adalah tatap muka dan sekarang menjadi pembelajaran berbasis online/online. Namun Demikian pelaksanaan pembelajaran online memiliki tantangan/hambatan, baik dari segisumber daya manusia, infrastruktur, dan teknis pelaksanaan. Peran orangtua tidak lepas dari hal tersebut, sehingga dibutuhkan motivasi kepada anak untuk selalu semangat berangkat ke sekolah walaupun sedang online. Terutama bagi anak-anak dikelas awal atau kelas rendah, karena di kelas rendah ini, anak-anak masih membutuhkan bimbingan dalam proses belajarnya tidak seperti siswa kelas atas yang mungkin tidak lagi membutuhkan bimbingan. Model pendekatan yang kami gunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan adalah observasi dengan mengamati warga sekitar, tetangga, bahkan adik dari salah satu anggota kami, dan juga mengamati warga di Rambung merah Gg murni huta VI yang sedang dalam masa belajar online.