Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat tentang keberadaan Indomaret di Desa Sei Silau Timur, untuk mengetahui jenis produk yang dibeli masyarakat Sei Silau Timur di Indomaret, untuk mendeskripsikan hal-hal yang menjadi daya tarik masyarakat Sei Silau Timur berbelanja di Indomaret. metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menambah data relevan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) persepektif masyarakat tentang keberadaan Indomaret sangat membantu memudahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sei Silau Timur. Keberadaan Indomaret juga mengubah pola perilaku masyarakat dalam berbelanja dulu sebelum adanya Indomaret, masyarakat memenuhi kebutuhan di pasar tradisional dan kedai. Akan tetapi, setelah dibangunnya Indomaret di Desa Sei Silau Timur masyarakat lebih suka dan tertarik berbelanja di Indomaret dibandingkan di pasar tradisional. Adapun Indomaret di Sei Silau Timur tidak membuat masyarakat berpaling dari pasar tradisional, masyarakat tetap memenuhi kebutuhan pangan seperti sayuran dan ikan di pasar tradisional. Karena, perlengkapan di Indomaret belum lengkap semua. (2) hal-hal yang menjadi daya tarik masyarakat Sei Silau Timur berbelanja di Indomaret adalah harga lebih relatif murah, selain harga lebih murah di Indomaret juga menyediakan berbagai macam discount (potongan harga) setiap minggu dan bulan, kualitas barang lebih bermerek dan bersih, fasilitas yang diberikan sangat memuaskan seperti adanya Air Conditioner (AC) dan Wireless Fidelity (Wifi). Sehingga, masyarakat semakin tertarik berbelanja di Indomaret.