Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Perangkat Lunak Kelas XI SMK Supian Membangun Silangkitang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang nilai kelayakan dan keefektivan pada media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android dengan menggunakan adobe flash Cs6 pada mata pelajaran perangkat lunak kelas XI SMK supian membangun silangkitang. Pada penelitian ini yang digunakan peneliti menggunakan metode penelitian R&D. Untuk mengumpulkan data menggunakan isntrumen penelitian yaitu angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna yang tujuannya untuk menguji kualitas media pembelajaran tersebut serta menguji keefektivan terhadap hasil belajar pesertadidik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif dan dianalisis dengan kriteria pengujian penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan:(1).Untuk uji kelayakan media perolehan keseluruhan oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 4,33 dan dapat dinyatakan “Sangat Layak” pada ahli media dengan hasil perolehan penilaian secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 3,72 dan dapat dinyatakan “Layak” dan perolehan penilaian secara keseluruhan oleh pengguna atau siswa diperoleh sebesar 4,64 dan dapat dikategorikan “Sangat Layak”. (2).Untuk uji keefektifan pada hasil belajar peserta didik pembelajran interaktif mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 88,75 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang konvensional dengan nilai rata-rata 84,58 hal ini diperoleh dari uji t dengan perolehan akhir (Posttest) terdapat harga (t hitung = 8,600 ; p = 0,00) . hasil keputusan tidak dapat menerima Ho dikarenakan t hitung > dari t tabel (0,05) = 1,68. Sehingga pengambilan keputusan dapat menerima Ha.