Upaya Penanaman Nilai Karakter Anak Usia 5-6 Tahun (Study Kasus di PAUD IT Nurul Ihsan Aceh Singkil)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya penanaman nilai karakter anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Nurul Ihsan dan untuk mengetahui gambaran karakter baik anak yang muncul setelah kegiatan dilaksanakan. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua guru kelas B1 di PAUD IT Nurul Ihsan Aceh Singkil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya ada beberapa kegiatan yang diterapkan dalam upaya penanaman nilai karakter oleh guru kepada anak yaitu melalui pembiasaan transisi pagi, latihan shalat berjamaah, mengulang bacaan doa dan hadis karakter mulia, bernyanyi bersama dengan lagu-lagu karakter baik, storytelling kisah teladan dan karakter mulia, penerapan pilar 9 karakter, makan sehat, bermain kompetitif ketika pembelajaran, serta pengelolan media di lingkungan sekolah. Kegiatan pembelajaran sebagai upaya penanaman nilai karakter di PAUD IT Nurul Ihsan meggunakan metode pembiasaan, keteladanan, pengarahan, bermain, bercerita dan karyawisata. Karakter baik anak yang muncul yaitu religius, jujur, disiplin, mandiri, rasa ingin tau, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab, toleransi, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan, semangat berkompetisi, jiwa kepemimpinan, kebersihan dan kerapian, serta percaya diri. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan agar guru tetap berupaya menjadi teladan terbaik untuk anak serta memaksimalkan penggunaan media yang ada dalam upaya kegiatan penanaman nilai karakter yang dilaksanakan.