Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen bentuk The Equivalent Time Sample Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak berusia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Pembina Medan sebanyak 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan pertimbangan mengambil satu kelompok alami yaitu kelas Melati yang berjumlah 13 anak. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu media audiovisual dan variabel terikat, yaitu kemampuan bahasa ekspresif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf nyata α = 0,05 dengan nilai kritis sebesar 0,234. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 pembina Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik perbedaan rata-rata data dengan diberi perlakuan kedua dengan data tanpa diberikan perlakuan ke dua, dimana hasil Uji-t menunjukkan thitung sebesar 9,521. Untuk kriteria pengujian hipotesis menggunakan taraf nyata sebesar 0,05, dengan dk = n- 1 diperoleh ttabel sebesar 1,771, sehingga dapat diambil kesimpulan thitung (9,521) > ttabel (1,771) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak atau sama dengan penggunaan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022.